Minggu, 13 Mei 2012

GURU BAIK DAN HEBAT


  1.         a). - Ketika mengajar dapat menyampaikan materi secara baik dan benar tanpa membuat muridnya merasa jenuh, pusing, tak mengerti, atau takut. Tetap ramah ketika bertemu dengan muridnya walaupun tidak sedang berada di sekolah. Baik kepada muridnya namun tetap tegas bila ada yang berbuat kesalahan.
-   Seorang guru yang baik dapat tampil sebagai sosok yang mampu membuat siswa berpikir dengan memberikan berbagai pertanyaan yang jawabnya tidak sekedar terkait dengan fakta yang memerlukan jawaban secara kreatif dan imajinatif.
b). - Terhadap murid guru harus mempunyai empati dan komitmen dalam menghargai orang lain dalam mengejar hasil dari segi afektif dan juga kognitif.
-   Guru sentiasa berusaha meningkatkan kualitas hasil pengajaran dan pembelajaran.
Berupaya membentuk perwatakan murid dengan berbagai keteguhan nilai diri (bermoral, berakhlak mulia, berketrampilanm, pandai menyesuaikan diri dengan situasi tertentu).
-   Guru yang hebat itu, bukan sekadar bekerja sebagai orang yang memberi tahu, tapi dia juga membantu  membentuk kepribadian muridnya. Dia menjadi teladan, bukan hanya membuat murid mengerti apa yang diajarkan, tapi memacu murid menjadi untuk lebih baik.
2. Sebenarnya saya sendiri bingung jika harus diwajibkan untuk memilih antara guru yang baik dan guru yang hebat karena menurut saya guru yang baik ataupun guru yang hebat itu sama-sama merupakan contoh /ciri guru yang memberikan hal-hal positif yang dapat ditiru bagi murid/siswa dan maupun bagi orang-orang sekeliling.Tetapi jika misalnya diharuskan memilih, mungkin saya akan memilih guru yang hebat. Alasannya, Saya ingin Berupaya membina pelajar yang cemerlang dalam akademik, ingin melahirkan ‘sekolahan berwatak’ supaya pelajar mempunyai kekuatan ilmu dan berpersonaliti, juga saya ingin sekali menjadi guru hebat dengan kreatif,inspiratif dan inovatif yang mampu mengelola kelas nyaman dengan penuh kreasi.
3. Profil guru yang ideal di era globalisasi ini, guru harus selalu berusaha mewujudkan dirinya sesuai dengan standar ideal. guru akan mengidentifikasi dirinya kepada figur yang dipandang memiliki standar ideal. Selain itu, harus berusaha meningkatkan dan memelihara citra profesi. Profesionalisme yang tinggi dari seorang harus ditunjukkan dengan besarnya keinginan untuk selalu meningkatkan dan memelihara citra profesi melalui perwujudkan perilaku profesional. Perwujudan dilakukan melalui berbagai cara seperti penampilan, cara bicara, penggunaan bahasa, postur, sikap hidup sehari-hari, hubungan antar pribadi dan sebagainya. Gurupun harus memiliki keinginan untuk senantiasa mengejar kesempatan pengembangan profesi yang akan dapat meningkatkan dan memperbaiki kualitas pengetahuan dan ketrampilannya. Guru tersebut juga harus selalu aktif dalam seluruh kegiatan dan perilakunya untuk menghasilkan kualitas yang ideal, dan harus selalu mencari secara aktif memperbaiki diri untuk memperoleh hal-hal yang lebih baik dalam melaksanakan tugasnya.
4. Ada.
          Banyak manfaat yang saya ambil yaitu peningkatan profesionalisme guru dalam rangka mengangkat derajat dan mutu pendidikan di Indonesia di masa sekarang dan dimasa yang akan datang, menjadi tuntutan yang tidak bisa ditawar. Mengingat guru adalah yang terpenting dalam penyelenggaraan pendidikan itu sendiri. Betapapun baiknya kurikulum yang digunakan atau betapapun lengkapnya sarana pra sarana belajar yang dimiliki, tidak akan memberi arti apa-apa bila tidak ditunjang oleh guru yang profesional. upaya perbaikan taraf hidup guru sebagai daya dorong bagi saya yang insya allah calon guru untuk dapat lebih berkonsentrasi dalam mengajar dan mendidik. Dan bukan hanya sekedar mencari nafkah ataupun tuntutan profesi tetapi dengan guru yang profesional, mengharapkan  anak didik yang tidak saja cerdas dan trampil, tetapi juga berbudi pekerti luhur serta bertaqwa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar