Selasa, 08 Mei 2012

Bangkitnya Generasi Emas Indonesia

Tema "Bangkitnya Generasi Emas Indonesia" menjadi sebuah tema yang penuh makna bagi kita semua dan seluruh insan di dunia pendidikan sebagai upaya mengembangkan dunia pendidikan. Hal ini sekaligus sebagai pemicu motivasi kepada generasi penerus bangsa tentang akan pentingnya pendidikan bagi suatu bangsa. Dengan adanya peningkatan pendidikan, akan mengurangi dampaknya kebodohan dan kemiskinan.
Generasi masa depan pula harus dipersiapkan sejak dini. Pendidikan harus terus berusaha membangun generasi bangsa yang handal secara intelektual dan siap menghadapi tantangan pada zamannya. Pendidikan harus mampu melahirkan generasi bangsa yang memiliki jiwa, hati nurani, dan pikiran untuk membangun negerinya. Pendidikan di negeri ini harus menjadi kesadaran bersama.
Orangtua juga memiliki peran penting dalam mendukung dan memotivasi keberhasilan belajar anak. Tidak  bisa hanya menuntut anak berprestasi, tanpa memberikan dukungan yang bisa memotivasi anak, terutama saat belajar. Mungkin orang tuapun bisa melakukan beberapa langkah untuk kemajuan anak :
  • Selalu berbicara secara terbuka dengan anak, jangan membuat jarak. Buatlah mereka merasa nyaman untuk berbagi masalah dengan orang tua. Jangan terlalu menyalahkan anak jika mereka memiliki kekurangan dalam belajar. Lebih baik menumbuhkan sang anak agar dapat lebih percaya diri.
  • Bicaralah dengan anak dan coba membuat mereka sadar akan pentingnya belajar.
  • Izinkan anak juga untuk tetap memiliki waktu bermain, menonton TV, serta mengizinkan mereka mengikuti kegiatan belajar di luar lingkup sekolah. Ini akan menumbuhkan perkembangan kepribadian anak.
Sebenarnya mendidik anak bukan berarti mengajarkan kepada mereka sekumpulan ilmu pengetahuan semata. Lebih penting, mendidik berarti mengajarkan kepada anak sejak dini, kemampuan agar siap dan mampu menghadapi tantangan dunia masa depan yang akan datang nantinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar